Rabu, 09 Oktober 2013

Membedakan Jenis Kelamin Love Bird Dari Bentuk Ujung Ekor dan Sayap

Perjodohan lovebird atau indukan lovebird merupakan hal yang paling penting dan paling mendasar dalam beternak atau penangkaran burung lovebird. Ada beberapa kasus yang kadang kita tidak menyadarinya, dan ujung-ujungnya anda frustasi sendiri. Berikut ini ada beberapa kasus yang biasa dialami oleh peternak lovebird pemula.
  1. Indukan sama-sama berjenis kelamin Jantan : Sekian lama menunggu, dua induk yang sudah berpasangan cukup lama, sering bercumbu, namun tak kunjung bertelur. Rupanya, kedua induk berjenis kelamin jantan.
  2. Indukan sama-sama berjenis kelamin Betina : induk sudah bertelur, bahkan jumlahnya sangat banyak, bahkan sampai 10 butir misalnya. Ia mengira indukan sangat produktif, tetapi saat ditetaskan tak pernah menetas. Rupanya, dia tak sadar kalau kedua induk berjenis kelamin betina. Artinya jumlah telur yang banyak sebenarnya berasal dari dua induk. Pantas tidak pernah menetas, karena telur jelas tidak dibuahi sel sperma (spermatozoa) burung jantan.
Agar anda tidak menjodohkan indukan yang sesama jenis. Berikut ini saya kasih beberapa tips membedakan jenis kelamin burung lovebird :
1. Bentuk Ujung Ekor Love Bird

Secara umum, ujung ekor lovebird jantan terlihat lebih lancip daripada burung betina yang ujung ekornya selalu mengembang atau lebih lebar / tumpul. Ini bisa menjadi salah satu petunjuk, meski bukan bersifat mutlak, sehingga diperlukan beberapa tengara lain yang akan diuraikan dalan penjelasan berikutnya pada artikel ini.
Bentuk ekor yang berbeda bisa dijadikan petunjuk bahwa burung tersebut sepasang
Ujung ekor pada lovebird jantan (kiri) dan betina.

2. Bentuk Ujung Sayap Love Bird

Ujung sayap juga sering dijadikan tengara dalam membedakan jenis kelamin lovebird. Pada burung jantan, ujung ekor sering terlihat dalam posisi menyilang. Sedangkan pada burung betina dalam posisi terbuka atau tidak menyilang.
Bentuk ujung sayap yang berbeda bisa menjadi salah satu petunjuk bahwa burung tersebut sepasang
Ujung sayap pada lovebird jantan dan betina.
Ada dua gambar di atas. Mari kita lihat dulu gambar di sebelah kiri. Ujung sayap yang menyilang sehingga seperti menguncup adalah lovebird jantan. Sebaliknya ujung sayap pada burung betina cenderung terbuka dan tidak menyatu.