Rabu, 09 Oktober 2013

Cara Menjodohkan Lovebird

Hal utama yang dibutuhkan adalah kandang burung yang dilengkapi dengan sekat. Sekat ini berfungsi untuk membatasi gerakan burung agar tidak berinteraksi langsung. Ini penting untuk mencegah salah satu burung menyerang burung lain, atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses perjodohan berlangsung.

Berikut adalah bentuk kandang sekat untuk menjodohkan lovebird


Setelah kandang perjodohan sudah disiapkan, berikutnya memasukkan kedua burung dalam kandang secara terpisah. Selama beberapa hari, pantau terus perkembangan kedua burung. Biasanya burung mulai saling mendekat, beradu paruh, meski dengan gerakan terbatas (karena dibatasi sekat). Jika hal tersebut terpantau, maka proses penjodohan sudah mulai berjalan dengan baik.

Selalu memperhatikan perkembangan mereka merupakan kunci sukses dalam menangkar lovebird
Berikutnya, jika kedua burung mulai gelisah dan sering tidur berdekatan. itu artinya proses perjodohan sudah berjalan sesuai rencana.

Langkah berikutnya dalam menjodohkan lovebird yang sudah mulai gelisah adalah :
  1. Memasang gelodok di kandang perjodohan.
  2. Membuka sekat yang memisahkan mereka.
  3. Memberi pakan yang banyak mengandung nutrisi, serta suplemen khusus untuk burung indukan seperti BirdMature. BirdMature berguna untuk meningkatkan burahi burung, sehingga proses penjodohan lebih cepat.